Dr. Yansen TP, M.Si. dan 7 Gagasannya Mengokohkan Eksistensi Dayak

Yansen, ekisetnsi, Dayak, identitas, Kalimantan

Dr. Yansen TP, M.Si. seorang intelektual dan penulis Dayak, dengan penuh semangat memaparkan langkah-langkah strategis yang harus dilakukan. Agar Dayak, dengan populasi sekitar 8 juta jiwa itu, dapat tetap eksis dan berdampingan dengan komunitas bangsa lainnya di kawasan Borneo da Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Berikut adalah 7 poin gagasan renyah dan "daging semua" dari Yansen  untuk mengokohkan eksistensi Dayak:

1. Iventarisasi Aset Kekayaan Dayak
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan inventarisasi seluruh aset kekayaan Dayak, mulai dari tanah, aspek sosial, budaya, ekonomi, hingga kearifan lokal. Dengan mengetahui dan memahami nilai-nilai serta potensi yang dimiliki oleh Dayak, kita dapat lebih berdaya dalam melestarikan dan mengembangkan identitas kultural kita.

2. Pemetaan Tata Ruang Kawasan Pemukiman Dayak
Sejarah turun-temurun menjadi pegangan dalam pemetaan tata ruang kawasan pemukiman Dayak. Dengan memperhatikan dan menghormati jejak sejarah, kita dapat menjaga keaslian dan kontinuitas pemukiman Dayak, serta memastikan adanya tempat yang representatif bagi kehidupan dan kebudayaan masyarakat Dayak.

3. Mendokumentasikan dan Memasyarakatkan Kekayaan Kultural
Mendokumentasikan seluruh aspek kekayaan kultural Dayak dalam laman media, digital, dan lembaga kelembagaan adalah upaya untuk melestarikan warisan budaya. Dengan memperkenalkan dan memasyarakatkan kekayaan kultural ini baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional, kita dapat meningkatkan apresiasi dan pemahaman terhadap keunikan Dayak sebagai bagian dari keberagaman Indonesia.

4. Menegaskan Identitas dan Kedaulatan Diri
Dayak tidak perlu meminta pengakuan dari pihak lain. Tugas kita adalah menegaskan identitas kita yang berakar pada kelompok etnis, budaya, dan latar belakang kita sebagai orang Dayak. Dengan teguh memegang jati diri kita, kita dapat dengan bangga menyuarakan keberagaman yang membentuk komunitas besar Dayak di bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

5. Membangun Sejarah dan Refleksi Eksistensi
Sejarah dan refleksi eksistensi Dayak harus tumbuh dan berkembang dari dalam diri kita sendiri. Dengan memahami sejarah dan mengenang perjuangan para leluhur, kita dapat menemukan inspirasi untuk terus berkarya dan berkontribusi bagi masa depan Dayak yang lebih baik.

6. Tanggung Jawab Intelektual Dayak
Para intelektual Dayak memiliki tanggung jawab besar dalam membangun dan menghidupkan semangat keberagaman dalam diksi Dayak. Mereka memiliki peran kunci dalam membawa kekayaan budaya dan identitas Dayak ke dunia internasional, sehingga memperluas ruang pengakuan atas eksistensi Dayak sebagai bagian dari komunitas global.

7. Bersama-sama Berkarya Tanpa Sungkan
Mari bersama-sama berkarya tanpa rasa sungkan. Mari tunjukkan kepada dunia bahwa Dayak adalah identitas unik dari Kalimantan, dan Kalimantan adalah rumah bagi Dayak. Sebagai satu komunitas besar, mari kita menjalin kesatuan dalam keragaman dan mewujudkan kehidupan yang harmonis dan sejahtera.


Semua langkah di atas bersifat saling terkait dan saling memperkuat. Dengan mengimplementasikan seluruh langkah tersebut, Dayak dapat mengokohkan eksistensinya dan tetap menjadi bagian yang berharga dalam keanekaragaman budaya Indonesia. Semoga semangat untuk melestarikan kekayaan budaya Dayak terus berkobar dan menjadi contoh bagi komunitas lainnya dalam menjaga warisan budaya mereka.




LihatTutupKomentar